Sinergi KP2KP Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I dan Jawa Tengah II: Menjalin Kerjasama Jalankan Amanat Tugas

Posted by Deni Lukman 15 Juli 2013 0 komentar
Bagikan Artikel Ini :



Banjarnegara, 4 Juli 2013. Bertempat di aula Kantor Penyuluhan, Pelayanan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Banjanegara Forum KP2KP diadakan untuk menyamakan misi, dan mempererat kerjasama antar KP2KP di wilayah Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah I dan Jawa Tengah II. Pertemuan sederhana namun dibalut suasana akrab ini diadakan untuk saling tukar pendapat dan ide dalam memaksimalkan tugas dan peran KP2KP dalam mendukung Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk mencapai target penerimaan.


Tampak hadir dalam forum tersebut Kepala KPP Pratama Purbalingga Yeskiel Minggus Tiranda yang sangat mengaspresiasi akan semangat para Kepala KP2KP untuk memaksimalkan tugas dan peran serta dalam menyokong KPP. Yeskiel mennyampaikan KP2KP tidak dapat dipandang sebelah mata, dia mengakui tanpa adanya peran KP2KP khususnya KP2KP Banjarnega maka penerimaan KPP Purbalingga tidak akan tercapai, karena wilayah Banjarnegara yang terdiri dari 20 kecamatan menopang 60% dari total penerimaan KPP Pratama Purbalingga yang meliputi wilayah Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banjarnegara. Beliau juga berujar agar dalam forum ini diperoleh kesepakatan agar peran KP2KP semakin kuat, dan semakin solid lagi, dalam melakukan penyuluhan. Satu yang menjadi point penting dalam melakuan peyuluhan harus ada penekanan bahwa apa yang jkita sampaikan adalah orisinil hasil dari pemikiran kita


Saat ini, peran KP2KP yang dijadikan ujung tombak dalam pelayanan kepada Wajib Pajak ternyata masih sangat banyak kendala yang dihadapi, dari mulai keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), keterbatasan pembiayaan, keterbatasan teknologi, dan lain sebagainya. Namun ternyata hal itu semua tidak berlaku bagi Kepala KP2KP Purwodadi yang kali ini memberikan sharing dalam forum ini. Mokhamad Hamim Tohari dalam menahkodai KP2KP Purwodadi mempunyai sistem pelaksanaan tugas yang beliau sebut dengan low cost high quality result dapat meminimalisir dari keterbatasan yang ada. Dalam melaksanakan setiap pekerjaan beliau sebisa mungkin mengeluarkan anggaran namun tetap tidak mengurangi hasil yang berkualitas. Hamim juga menggambarkan cara-cara yang dia gunakan dalam menginformasikan dunai pajak kepada khalayak umum, dari menggandeng FOSIG (Forum sekolah Islam Grobogan), memberikan short course kepada guru pengampu mata pelajaran ekonomi dan akuntansi, juga melalui media baik elektronik maupun cetak tentunya dengan biaya minim.


Dalam forum ini masing-masing KP2KP juga memaparkan ke-khasan masing-masing yang diharapkan dapat diduplikasi dan diterapkan di KP2KP yang lain. Masing-masing KP2KP saling memberikan input dan saran demi kemajuan KP2KP yang lain. Setelah berjalan sekitar 5 jam, forum KP2KP ditutup dengan menghasilkan berbagai macam ide-ide yang mungkin belum atau mungkin tidak pernah terfikirkan sebelumnya, sehingga terasa sekali manfaat yang dapat diambil dari keberadaan forum ini. Di forum ini juga diputuskan untuk tempat pelaksanaan forum berikutnya adalah di KP2KP Wonosobo sekitar bulan Oktober Tahun 2013.


Tepat pukul 13.00 rombongan meninggalkan aula pertemuan untuk menikmati hidangan makan siang, kali ini Hermawan sekalu tuan rumah menjamu tamunya di tempat makan yang unik dan refresing yaitu di The Pikas Resort & Artventure. Kenapa dibilang unik selain menyuguhkan makanan yang lezat The Pikas juga menawarkan rekreasi yang menantang, yaitu arung jeram yang mengarungi aliran deras sungai serayu yang mempunya level 3,8. Deras aliran serayu dihiasi dengan riam-riam air baik yang kecil hingga yang besar yang akhirnya menantang peserta forum untuk terjun ke sungai dan menikmati tantangan yang mendebarkan hati.


Dipandu oleh tim rescue berpengalaman dari Banyu Woong Adventure hampir semua peserta forum ikut ambil bagian dalam rafting ini. Sekitar 30 orang yang dibagi kedalam 6 tim saling berlomba dalam mengarungi riam dan derasnya sungai serayu. Saling menyiram air, saling ejek namun penuh gelak tawa selalu menghiasi jalannya perahu. Tampak keceriaan terpancar dari wajah peserta, walau ada beberapa peserta yang terjatuh ke sungai namun tetap saja wajah ceria yang tampak.


Setelah menempuh kurang lebih 14 KM panjang sungai, akhirnya peserta naik dari sungai dan menikmati ‘wedang uwuh’ minuman tradisional untuk menghangatkan badan yang menggiigil kedinginan. Sekitar pukul 17.00 WIB semua peserta sudah selesai dan mulai meninggalkan Kota Banjarnegara menuju Kota asal dengan membawa sejuta harapan, asa, kesan manis, dan kenangan yang tidak terlupakan.







TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sinergi KP2KP Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I dan Jawa Tengah II: Menjalin Kerjasama Jalankan Amanat Tugas
Ditulis oleh Deni Lukman
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://forum-pbb.blogspot.com/2013/07/sinergi-kp2kp-kantor-wilayah-djp-jawa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright of Forum Pajak Bumi dan Bangunan.